Daftar Isi

Tiket Masuk Wisata Baduy Luar – Pastinya kamu tidak asing dengan nama Kampung Baduy, ini adalah salah satu kampung wisata di Banten yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Karena disini kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan alam yang ada di kampung Baduy, tetapi kamu juga bisa belajar tentang adat istiadat dan budaya di kampung ini. Lalu berapa sih tiket masuk wisata baduy luar jika ingin berkunjung ke sana?

Tentang Kampung Baduy

Kampung Baduy adalah sebuah perkampungan dari suku Badui yang berada di Banten dan kampung ini termasuk salah satu kampung yang masih sangat tertutup dari dunia luar. Semenjak abad 20, sebagian suku Baduy mulai ada yang ingin berinteraksi dengan dunia luar. Sehingga terciptalah kampung Baduy luar.

Walaupun telah membuka diri terhadap dunia luar, tetapi asyarakat di Baduy luar masih tetap mempertahankan adat istiadat dan kebiasaan hidup masyarakat Badui. Yang membedakan antara suku badui luar dan dalam adalah dari pakaian yang digunakannya.

Suku Badui Dalam atau dikenal dengan Tangtu, memiliki pakaian yang serba putih dan sangat tertutup dari dunia luar. Sedangkan Baduy luar atau dikenal degan Panamping memiliki ciri khas pakaian yang berwarna serba hitam dengan menggunakan ikat kepala warna biru.

Dan terdapat satu kelompok suku Badui lainnya bernama Dangka, meraka sudah tinggal di luar wilayah Kenekes seperti di daerah Sirahbayue dan Padawaras. Semua kelompok suku Badui ini masihh mempertahankan cara hidup sederhana dan sangat mencintai alam.

Alamat dan Harga Tiket Masuk Wisata Baduy Luar

Alamat wisata Baduy Luar ada di Kadujangkung, Bojong Menteng, Leuwidamar, Lebak, Banten, yang dimana untuk akses ke desa ini harus berjalan kaki ke dalam hutan. Saat tiba di lokasi Kampung Baduy luar, tiket masuk wisata baduy luar sangatlah murah hanya Rp 5 ribu, parkir motor 5 ribu sedangkan parkir mobil Rp 10 ribu.

Aktivitas Menarik Di Wisata Baduy Luar

Ketika berada di Desa Baduy Luar, ada beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan disini seperti :

Mengeksplor Desa Baduy Luar

Aktivitas paling menarik dan akan sangat berkesan disini adalah menjelajahi kawasan desa Baduy Luar. Disini kamu bisa melihat masyarakat desa beraktivitas dengan kehidupan yang sangat tradisional dan sederhana. Rumah yang ada di kampung Baduy Luar ini masih terbuat dari bambu dengan model rumah panggung.

Menjelajah Hutan

Untuk menikmati alam di Wisata Baduy Luar, kamu bisa berjalan untuk mengelilingi area hutan yang ada di sekitar perkampungan ini. Karena desa ini berada di lereng pegunungan Kadeng, maka tidak heran jika suasana alam desa ini sangat alami dan asri.

Wisata Kuliner

Untuk masalah kuliner di Wisata Baduy Luar kamu juga bisa mencicipi aneka masakan khas Baduy. Disini kamu bisa mencoba masakan seperti pepes ikan, pepes larwa lebah madu (botok) dan nasi liwet.

Walaupun harga tiket masuk wisata baduy luar yang sangat terjangkau, jangan salah disini kamu sudah bisa mendapatkan beberapa fasilitas seperti Tempat Parkir, Toilet, Toko Oleh-Oleh, Warung Makan bahkan ada Penginapan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan